Selasa, 02 Februari 2016

Resep dan Cara Membuat Geplak

Geplak adalah sebuah makanan khas dari Kota Bantul. Geplak berbentuk bulatan-bulatan dari daging kelapa yang disajikan dengan rasa manis. Penjual geplak saat ini banyak ditemukan dipusat oleh-oleh di Yogyakarta sebagai oleh-oleh wisatawan.

Dahulu geplak sering dijadikan masyarakat sebagai makanan utama pengganti beras. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan pembuat geplak yaitu daging kelapa serta berlimpahnya lahan tebu yang diolah untuk menjadi gula di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini. Melimpahnya bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik dinama bahan makanan susah ditemukan inilah yang membuat masyarakat menjadikannya makanan pengganti beras atau nasi.

Cara pembuatan
Bahan-bahan :
•   750 gram tepung beras
•   500 gram gula pasir
•   250 ml air
•   1 butir kelapa diparut memanjang
•   Garam halus secukupnya

Cara Membuat :
1.  Sangrai tepung beras hingga kering, lalu tambahkan kelapa parut dan tepung beras. Aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan
2.  Masaklah gula bersama air hingga mendidih lalu angkat. Masukkan campuran kelapa, aduk-aduk dengan cepat hingga adonan menjadi kental, lalu angkat. Cetak adonan atau bentuk lah bulat-bulat seperti bentuk aslinya, untuk bentuk sesuaikan saja dengan keinginan anda masing-masing, biarkan hingga dingin dan mengeras.

Inovasi yang telah dilakukan pada produk ini yaitu dari sisi
a.       Bentuk, dari semula hanya berbentuk bulat kini banyak bentuk yang bervariasi seperti kotak, lonjong
b.      Rasa. Adanya penambahan esense menjadikan geplak memiliki rasa yang bermacak-macam seperti rasa buah dan  cokelat

c.       Kemasan, kemasan yang semula hanya terbuat dari anyaman bambu atau yang disebut besek kini telah beralih ke kemasan bahan kertas.

3 komentar:

Terimakasih, anda tidak menggunakan kata-kata berbau SARA. Komentar anda sangat membangun kami