Minggu, 03 Januari 2016

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Kita memperoleh energi yang kita butuhkan untuk kerja tubuh dari berbagai makanan dan minuman. Akan tetapi, setiap makanan yang kita makan, misalnya nasi,daging, sayur, perlu dicerna dulu agar dapat siap digunakan oleh tubuh. Makanan-makanan ini digunakan oleh sel-sel tubuh setelah dicerna. Protein yang terkandung di dalam daging misalnya, sangat penting untuk pertumbuhan sel dan tentu juga untuk tubuh.

Sekarang ini mari kita kenang kembali ketika kita masih bayi. Berat kita sekitar 2-3 Kg ketika lahir. Berat kita ini meningkat hinggga 30-35 Kg ketika berumur 10 tahun, menjadi 40-50 Kg ketika berusia 15 tahun dan 50-60 Kg ketika berusia 20-25 tahun. Berapakah berat anda sekarang.............?

Yang menyebabkan perbedaan sangat besar ini adalah karena sari makanan yang kita makan bersatu pada tubuh seiring waktu. Beberapa dari makanan ini memberikan energi yang diperlukan untuk beraktifitas seperti belajar, berlari ,sholat, bahkan berkelahi, sedangkan lainya bersatu membentuk daging dan tulang. Zat-zat buangan dikeluarkan dari tubuh. Seluruh proses ini dilakukan oleh sistem pencernaan kita. Alat-alat tubuh dan kelenjar yang terdiri atas lambung, usus, dan pankreas berperan dalam pencernaan.

Sistem kerja pencernaan mirip sistem kerja penyulingan minyak. Minyak mentah yang tiba di penyulingan adalah bahan baku yang diproses lagi oleh mesin dan disuling sehingga bisa digunakan. Makanan yang kita makan adalah bahan baku pada tahap pertama dan kemudian diproses di dalam lambung sehingga dapat digunakan oleh tubuh. Setelah dilumatkan di dalam lambung dan usus, makan siap digunakan sebagai sari makanan untuk sel-sel dan diantarkan pada bagian-bagian yang membutuhkan dalam tubuh melalui pembuluh darah.

Satu zat asal diproses dalam penyulingan minyak bumi, lalu berbagai produk misalnya bensin atau solar berasal dari zat-zat ini. Demikian pula halnya dengan zat-zat dalam makanan yang dihancurkan menjadi lemak, gula, dan karbohidrat di dalam lambung.
Tapi ingat bahwa yang terjadi di dalam lambung setelah kita makan nasi goring yang lezat jauh lebih rumit dibandingkan yang terjadi di dalam penyulingan minyak. Bahkan, kerja pencernaan ini tidak terjadi di pabrik yang besar, melainkan dalam daerah yang sangat kecil yaitu di dalam tubuh kita. Mahahebat Allah yang menciptakan tubuh kita.


Tahukah Engkau...............

Panjang total saluran pencernaan yang dilalui makanan adalah 10 meter. saluran ini 6-7 kali lebih panjang dari rata-rata tinggi manusia dan begitu mengagumkan bisa dimasukkan ke dalam tubuh kita. Bagaimana sluran sepanjang itu bisa di tempatkan di dalam tubuh manusia ? Tentu saja Allah. bukan dokter, artitek, atau ibu-ayah kita. Subhanallah.........

Al-Falah/juli/2009/30

Sumber: Harunyahya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, anda tidak menggunakan kata-kata berbau SARA. Komentar anda sangat membangun kami