Selasa, 22 September 2015

Proses Pembuatan Es Serut


Suka main dunia salju ? gimana rasanya ? pasti dingin banget... hahaha. nah kali ini saya mau kasih tahu darimana sebenarnya salju-salju itu diperoleh. yuk baca

 Es yang berbentuk salju itu sering disebut es serut. Es serut berasal dari es balok yang telah afkir baik afkir produksi maupun afkir penjualan lihat cara pembuatan es balok. Sebelum dilakukan proses crushing es balok terlebih dahulu dibersihkan dari kotoran yang menempel dengan cara disemprot dengan menggunakan air tawar.

  • Crushing
Proses penghancuran es balok menjadi es serut dilakukan dengan mesin crusher. Prinsip kerja dari mesin ini yaitu memberikan tekanan oleh pisau serut terhadap balok es sampai titik kritisnya yang menyebabkan balok es pecah. Pada proses ini dibituhkan tenaga manusia untuk memasukkan es balok kedalam mesin crusher.   

  • Pengemasan
Pengemasan dilakukan secara manual oleh tenaga manusia, setidaknya dibutuhkan 2 (dua) orang tenaga kerja untuk mengemas es serut. Orang pertama bertugas memasukkan produk ke dalam kanvil sedangakan orang kedua bertugas mengikat kanvil.


  • Penyimpanan
Penyimpanan es serut dilakukan di dalam kamar pendingin. Suhu rata-rata dalam kamar pendingin – 100C. Maksimal penyimpanan selama 1 hari 1 malam lebih dari waktu tersebut maka produk akan mengalami penyusutan dari segi kuantitas.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, anda tidak menggunakan kata-kata berbau SARA. Komentar anda sangat membangun kami