Rabu, 12 November 2014

Cara Membuat Media Tanam

Media merupakan penopang tanaman, selain sebagai penopang fungsi lain dari media tanam adalah memberikan nutrisi dan menyediakan tempat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Syarat media tanam yang baik adalah

  • Mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman, sekaligus juga sanggup menopang tanaman.

  • Memiliki porositas yang baik, artinya bisa menyimpan air sekaligus juga mempunyai drainase (kemampuan mengalirkan air) dan aerasi (kemampuan mengalirkan oksigen) yang baik.

  • Menyediakan unsur hara yang cukup baik makro maupun mikro. Unsur hara sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara ini bisa disediakan dari pupuk atau aktivitas mikroorganisme yang terdapat dalam media tanam

  • Tidak mengandung bibit penyakit, media tanam harus bersih dari hama dan penyakit.

Berikut adalah bahan-bahan media tanam:

a.    Tanah (bahan utama)
Tanah yang baik untuk media tanam sebaiknya diambil dari lapisan bagian (top soil). Tanah yang baik untuk media tanaman tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu lempung, melainkan harus gembur.

b.    Kompos atau humus
Kompos merupakan bahan organik yang berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman. Kompos yang digunakan untuk media tanam adalah kompos padat, Selain kompos, bisa juga memanfaatkan humus atau pupuk kandang yang telah matang. Penggunaan pupuk kandang yang belum matang beresiko membawa hama dan panyakit pada tanaman.

c.    Arang sekam atau sabut kelapa
Arang sekam merupakan hasil pembakaran tak sempurna dari sekam padi. Selain arang sekam, bisa juga digunakan sisa-sisa sabut kelapa (coco peat).

Prosedur pembuatan media tanam organik
Berikut ini cara-cara membuat media tanam polybag atau pot
1.   Siapkan tanah kemudian ayak menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal.
2.   Siapkan kompos yang telah matang, Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus.
3.   Siapkan arang sekam,.
4.   Campur tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata.
5.   Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut kedalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, anda tidak menggunakan kata-kata berbau SARA. Komentar anda sangat membangun kami